Wednesday, 24 November 2021

Pengertian pembelajaran

 Hakikatnya pembelajaran merupakan suatu usaha sadar guru/pengajar untuk membantu siswa atau anak didiknya, agar mereka dapat belajar sesuai dengan kebutuhann minatnya (Kustandi & Darmawan, 2020: 1). Pembelajaran bisa dikatakan sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk mencapai perkembangan siswa yang optimal, yaitu meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomtorik. Oleh karena itu, agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran tersebut guru harus mampu memperlihatkan dan mengembangkan unsur-unsur dinamis dalam proses pembelajaran. Sehingga diharapkan siswa mampu menguasai materi pembelajaran denganmaksimal.


Adapun ciri-ciri dari proses pembelajaran sebagai berikut (Kustandi & Darmawan, 2020: 1)

1. pada proses pembelajaran guru harus menganggap siswa sebagai individu yang mempunyai unsur-unsur dinamis yang dapat berkembang bila disediakan kondisi yangmenunjang.

2. Pembelajaran lebih menekankan pada aktivitas siswa, karena yang belajar adalah siswa, bukan guru.

3. Pembelajaran merupakan upaya sadar dansengaja

4. pembelajaran bukan kegiatan incidental tanpapersiapan

5. pembelajaran merupakan pemberian bantuan yang memungkinkan siswa dapatbelajar.


Berdasarkan ciri-ciri pembelajaran tersebut, maka peranan guru dalam menyampaikan materi sangat dibatasi. Siswa diharapkan mampu menemukan sendiri ilmu pengetahuan yang nantinya dapat dikuasainya. Konsep pembelajaran ini membuat siswa menjadi lebih aktif dalam mencari ilmu pengetahuannya. Hal ini sesuai dengan kondisi ketika pembelajaran dilakukan secara virtual ataupun daring. Siswa dituntut untuk menggali ilmu pengetahuannya sendiri karena tidak ada kehadiran guru secara langsung.

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment