Sunday, 28 November 2021

Prinsip pembelajaran

 Prinsip-Prinsip Pembelajaran

       Menurut Chaedar Alwasila dalam Ruhimat dkk (2015:182-187) hakikat pembelajaran ialah komukasi antara peserta didik dengan lingkungan pembelajaran agara tercapai tujuan dalam upaya pembelajaran. Maka terdapat beberapa prinsip umum yang harus menjadi inspirasi bagi pihak-pihak yang terkait dengan pembelajaran (peserta didik dan pendidik), sebagai berikut:

Prinsip Dasar dalam Pembelajaran

Bahwa belajar memberikan efek perubahan sikap dan moral peserta didik yang bersifat permanen.

Peserta didik memiliki potensi dan kemampuan yang merupakan benih alami untuk ditingkatkan serta dioptimalkan.

Perubahan atau pencapaian kualitas ideal itu tidak dapat tumbuh alami baik searah dalam proses pertumbuhan ke masa depan.


Prinsip Khusus Pembelajaran

  1. Prinsip perhatian dan motivasi kepada peserta didik.
  2. Prinsip keaktifan selama proses pembelajaran.
  3. Prinsip pengulangan mata pembelajaran
  4. Prinsip keterlibatan langsung/berpengalaman.
  5. Prinsip tantangan pada pembelajaran.
  6. Prinsip perbedaan individual.
  7. Prinsip balikan dan penguatan.

Menurut Ali (2014) semua teori mengenai dasar-dasar pembelajaran yang telah dikemukakan para tokoh terdapat persamaan maupun perbedaan. Dari prinsip inilah timbulnya beberapa prinsip yang berlaku umum sehingga dapat dipergunakan sebagai landasan utama dalam proses pembelajaran, baik guna untukpeserta didik maupun pendidik dalam tujuan untuk maksimalkan pelaksanaan pembelajaran.

Prinsip tersebut antara lain: 

  1. Memotivasi dan memberikan perhatian
  2. Keaktifan
  3. Berpengalaman

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment