Teori Behavioristik
Menurut Desmita dalam Nahar 2016 teori belajar behavioristik merupakan teori belajar memahami tingkah laku manusia yang menggunakan pendekatan objektif, mekanistik, dan materialistik, sehingga perubahan tingkah laku pada diri seseorang dapat dilakukan melalui upaya pengkondisian. Stimulus adalah sesuatu yang diberikan guru kepada siswa, sedangkan respons berupa reaksi atau tanggapan siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut.
Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons (Slavin dalam Nahar 2016). Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respons Seseorang dianggap telah belajar apabila sesorang tersebut telah mengalami perubahan tingkah laku yang signifikan.
Prinsip-prinsip perilaku diterapkan secara luas untuk membantu orang-orang mengubah perilakunya ke arah yang lebih baik (King dalam Nahar 2016). Berkaitan dengan proses pembelajaran daring pada saat ini yang dilakukan oleh peneliti yang menekankan siswa untuk melakukan eksplorisasi dalam pembelajaran daring yang bertujuan untuk menggali kreatifitas peserta didik selama melakukan kegiatan pembelajaran seni budaya dari rumah. Hal tersebut dilakukan guna untuk mencapai hasil belajar yang maksimal.
Berdasarkan pembahasan diatas, sejalan dengan pemahaman konsep teori behavioristik yang berkaitan dengan model pembelajaran project based learning. Dengan demikian dikarenakan dalam model pembelajaran project based learning yang dilakukan secara daring ini, guru yang secara langsung memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik sehingga dalam pembelajaran kali ini diharapkan adanya perubahan tingkah laku yang terjadi kepada peserta didik. Peserta didik mulai diajarkan berpikir kritis untuk mengembangkan kreatifitas dalam kegiatan pembelajaran seni budaya.
Teori behavioristik ini digunakan untuk melihat hasil perubahan tingkah laku peserta didik dengan adanya stimulus dan respon. Stimulus merupakan rangsangan yang diberikan oleh guru mata pelajaran yang berupa materi serta motivasi belajar siswa yang diberikan oleh pendidik, sedangkan respon merupakan tanggapan dari siswa atau peserta didik berupa perubahan tingkah laku dari peserta didik. Perubahan tingkah laku yang dimaksud dalam pembelajaran seni budaya yaitu peserta didik mampu membuat suatu produk atau karya secara mandiri.
0 comments:
Post a Comment